PRAKTIKUM

Kegiatan praktikum dibagi dalam dua bagian, yaitu bagian pertama berupa pembekalan dalam bentuk teori dan praktek dalam kelas dan laboratorium, dan bagian kedua berupa kegiatan mandiri oleh mahasiswa dalam menyusun kerangka kerja, peta kerja, survei dan kegiatan interpretasi data. Akhir kegiatan praktikum dikemas dalam bentuk presentasi laporan akhir dari kegiatan mandiri survei tanah dan evaluasi lahan. Adanya tutorial dan praktikum ini diharapkan mahasiswa dalam memahami tahapan-tahapan dalam menyusun suatu perencanaan pengembangan suatu wilayah.

Praktikum Survei Tanah dan Evaluasi Lahan dilaksanakan selama 16 minggu dan terdiri atas 14 materi yang dilaksanakan di dalam laboratorium dan di lapangan. Jadwal kegiatan praktikum STEL diuraikan sebagai berikut :

Minggu ke-

Agenda dan Materi Praktikum

Sasaran Kompetensi

Ruang

-3

Proses rekrutmen calon asisten Jurusan Tanah, FP-UB

-1

Proses seleksi calon asisten Lab. PSISDL

1

  • Pembekalan/diklat asisten dan persiapan pelaksanaan praktikum
  • Pengantar (Rencana kegiatan tutorial dan praktikum, kontrak kegiatan tutorial dan praktikum, sistem evaluasi)
  • Adanya kesepakatan kontrak praktikum dengan mahasiswa
  • Lab. PSISDL
  • Ruang kuliah FP

2

Fieldtrip awal :Pengenalan dan pemahaman prinsip-prinsip survei tanah dan evaluasi lahan untuk melakukan pemetaan sumberdaya lahan sebagai dasar dalam perencanaan dan pengembangan wilayah.
  • Mahasiswa mengerti dan memahami prinsip-prinsip survei tanah dan evaluasi lahan untuk melakukan pemetaan sumberdaya lahan sebagai dasar dalam perencanaan dan pengembangan wilayah.
Lahan sekitar Malang Raya

3

Dasar-dasar IFU
  • Memberikan pengenalan tentang bagian-bagian foto udara dan fungsinya,
  • Memberikan keterampilan dalam menentukan basis mata, basis obyek dan daerah efektif foto udara,
Lab. PSISDL

4

Pengenalan bentuklahan di Foto Udara
  • Mahasiwa mampu memahami dan terampil dalam melihat bentuklahan melalui foto udara
  • Mahasiswa terampildalam menentukan, membedakan dan membatasi bentuklahan di foto udara
Lab. PSISDL

5

Pengenalan tatagunalahan di Foto Udara (Google Earth) Mahasiswa dapat mengetahui dan/atau memahami:

  • bagaimana melihat tatagunalahan di foto udara (google earth)
  • bagaimana menentukan, membedakan dan membatasi tatagunalahan di foto udara (google earth)
Ruang kuliah FP-UB

6

IFU untuk Analisis Lansekap
  • Mahasiswa terampildalam menganalisis pola drainase, analisis lereng, dan analisis batuan melalui foto udara,
  • Mahasiswa terampildalam penentuan tata nama bentuklahan (penyusunan legenda bentuklahan)
Lab. PSISDL

7

  • Dijitasi peta dan penyiapan peta kerja
  • Pengamatan Minipit di Lapangan
  • Mahasiswa terampil dalam dijitasi peta dasar,
  • Mahasiswa terampildalam penyiapan peta kerja
  • Mahasiswa terampildalam pembuatan minipit,
  • Mahasiswa terampildalam penentuan batas horison, deskripsi horison: warna, tekstur, struktur, drainase, dll, dan pengambilan contoh tanah: utuh dan terganggu
  • Lab. PSISDL
  • Lahan sekitar Malang Raya

8

UTS

9

10

FIELDWORK
  • Mahasiswa mampu melakukan pengamatan lapangan di lokasi yang telah ditentukan,
  • Mahasiswa mampu melakukan orientasi foto/peta
  • Mahasiswa mampu melakukan pengamatan lingkungan: lereng, landuse, dll.
  • Mahasiswa mampu melakukan pengamatan minipit
  • Mahasiswa mampu melakukan klasifikasi tanah di lapangan
  • Mahasiswa mampu melakukan pengisian borang evaluasi lahan
  • Mahasiswa mampu melakukan pengamatan pemboran
  • Mahasiswa mampu melakukan pengambilan contoh tanah
Lahan sekitar Malang Raya

11

Kompilasi Data
  • Mahasiswa mampu untuk mengelompokan hasil pengamatan minipit
  • Mahasiswa mampu untuk melakukan klasifikasi tanah
  • Mahasiswa mampu untuk menyusun deskripsi satuan tanah
Lab. PSISDL

12

Pembuatan Peta Tanah & Kesesuaian Lahan
  • Mahasiswa mampu untuk plotting hasil pengamatan ke peta dasar
  • Mahasiswa mampu membuat peta tanah. (menggunakan data yang ada) dan peta kesesuaian lahan
Lab. PSISDL

13

Diskusi Laporan Akhir Praktikum Mahasiswa memahami cara penulisan laporan akhir praktikum melalui proses diskusi. Lab. PSISDL

14

Penyusunan Laporan Akhir Praktikum Mahasiswa mampu menyusun laporan kegiatan survei tanah dan evaluasi lahan

15

PRESENTASI HASIL Mahasiswa mampu menyajikan hasil interpretasi data dan menyusun perencanaan tatagunalahan Lab. PSISDL

16

UAP Mahasiswa mampu untuk menjelaskan kembali pemahaman materi survei tanah dan evaluasi lahan Lab. PSISDL

17

Rekapitulasi Nilai Lab. PSISDL

18

Pengumuman Nilai Akhir Praktikum Papan pengumuman jurusan tanah/website

Materi praktikum dapat diunduh disini :

Panduan analisis landform : Pedoman Praktikum Analisis Landform

Panduan Fieldtrip : Panduan Fieldtrip STELA

Panduan Praktikum dan Tutorial : Modul Tutorial – Praktikum STELA

FIELDTRIP/FIELDWORK

Kegiatan fieldtrip dimaksudkan untuk memberikan pemahaman prinsip-prinsip survei tanah dan evaluasi lahan secara langsung di lapangan. Kegiatan ini dilaksanakan dalam 2 tahap, yaitu :

Fieldtrip tahap 1

  • Fieldtrip tahap 1 dilaksanakan pada minggu ke-2 perkuliahan untuk memberikan gambaran awal kegiatan survei tanah dan evaluasi lahan,
  • Kegiatan ini wajib diikuti oleh seluruh peserta praktikum, yang dibagi dalam kelompok dengan anggota kelompok 15 – 20 orang,
  • Lokasi fieldtrip berada di wilayah Malang Raya yang ditentukan oleh koordinator praktikum yang telah didiskusikan dengan dosen koordinator kuliah dan ketua laboratorium,
  • Waktu pelaksanaan fieldtrip maksimal 1 hari yang dimulai dari pukul 7.30 – 16.00.

Fieldtrip tahap 2

  • Fieldtrip tahap 2 dilaksanakan pada minggu ke-10 (minggu ke-1 setelah UTS),
  • Kegiatan ini ditekankan pada pembelajaran melakukan survei tanah pada suatu wilayah untuk menyusun perencanaan tataguna lahan, mulai dari pembuatan peta kerja, penentuan titik pengamatan, survei lapangan, interpretasi data, dan penyusunan laporan akhir,
  • Kegiatan ini wajib diikuti oleh seluruh peserta praktikum, yang dibagi dalam kelompok dengan anggota kelompok 15 – 20 orang,
  • Lokasi fieldtrip dipilih sama dengan lokasi fieldtrip 1 yang disurvei secara detil pada beberapa titik pengamatan yang telah ditentukan,
  • Waktu pelaksanaan fieldtrip maksimal 2 hari secara berturut-turut dan menginap di lokasi survei.

Parameter penilaian kegiatan praktikum meliputi:

  1. Prosentase kehadiran mahasiwa (10%)
  2. Kegiatan pre/posttest (15%)
  3. Keaktifan mahasiswa (5%)
  4. Attitude mahasiswa (5%)
  5. Tugas Individu/Kelompok (15%)
  6. Laporan Akhir Kegiatan Praktikum (15%)
  7. Presentasi (15%)
  8. UAP (20%)

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: